Wednesday 18 January 2017

MASJID PACINAN BANTEN LAMA


Mesjid Pacinan Tinggi merupakan nama yang diberikan buat bangunan tempat ibadah yang dibangun di sekitar Pacinan, perkampungan penduduk Cina di Banten. Sebelum Sultan Hasanudin membangun Mesjid Agung Banten, ayahnya Syarif Hidayatullah pernah membangun sebuah mesjid di Pacinan pada abad XVI. Bangunan bersejarah itu kini tinggal bekas-bekas fondasi yang terbuat dari batu karang dan batu bata. Sebagian sisa bangunan yang masih utuh hanya mihrabnya atau tempat pengimaman mesjid. Letak Mesjid Pacinan berada di jalan antara Kelenteng Banten dengan Tasikardi.

Kondisi Mesjid Pacinan Tinggi, sungguh memprihatinkan,tidak terawat, kotor dan panas, sepintas rasanya jauh dari minat untuk dikunjungi,cuman tidak ada salahnya berhenti sebentar untuk mengetahui termasuk peninggalan sejarah Banten Lama.
Tak jauh disebelah kanan terdapat makam suami-istri yang berasal dari desa Yin-Shao dan batu nisan tersebut didirikan tahun 1843, mungkin keduanya pemuka agama (saat itu) sehingga dimakamkan didalam area mesjid.


Saya dan keluarga berkesempatan kesini di hari pertama bertugas di Propinsi Banten, karena belum boleh masuk penginapan jadi langsung mencari tempat tempat bersejarah.
 ================== AYOOO  JELAJAH  INDONESIA ======












No comments:

Post a Comment