Wednesday 28 December 2016

PULAU UNTUNG JAWA


Pulau Untung jawa merupakan pulau di dalam gugusan Kepulauan Seribu yang masuk kedalam wilayah administrasi Ibukota Jakarta. pulau untung jawa kepulauan seribu termasuk sebuah pulau berpenduduk yang ada di Pulau Seribu, disana ada sebuah perkampungan yang cukup tertata rapih dan bersih. Usia Pulau yang satu ini cukuplah tua karena Pulau Untung Jawa menyimpan segelintir sejarah yakni seputar pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang. Waktu itu, pada saat Indonesia di kuasi oleh Hindia Belanda, ternyata pulau-pulau yang terdapat di Kelurahan Pulau Untung Jawa ini telah lebih dulu di kuasai dan di diami oleh orang-orang pribumu yang berasal dari daratan Pulau Jawa (Suku Jawa). Nah, penguasaan Belanda ini menjadikan nama-nama pulau yang ada di Kepulauan Seribu sekarang yang kita kenal  berbau Belanda, lalu setelah kemerdekaan Republik Indonesia nama-nama pulau tersebut di ubah. Salah satu nama pulau yang di ganti ialah Pulau Amiterdam menjadi Pulau Untung Jawa.

Keindahan dan Fasilitas Berwisata ke Pulau Untung Jawa

Umumnya para pengunjung yang pergi ke wisata pulau seribu murah, mereka akan pergi juga untuk mengunjungi Pulau Untung jawa dan tidung island (Pulau Tidung). Selama pengunjung melintasi pulau, mereka dapat menyaksikan perubahan air laut yang coklat keruh lalu lama kelamaan berubah sedikit lebih biru dan jernih setelah setengah perjalanan. Sesampainya di dermaga pulau untung jawa akan terlihat beberapa kegiatan pantai. Di tepi dermaga pengunjung dapat menyaksikan dengan jelas ikan-ikan kecil berenang didalam air laut yang berwarna hijau tosca.
Selama berkeliling, pengunjung dapat menyaksikan beberapa objek yang menarik untuk di kunjungi, antara lain:
  • Pulau Untung jawa berlokasi disebelah dermaga wisata. Pulau ini merupakan andalan wisata karena airnya yang jernih dengan pasir putihnya. Banyak kegiatan dengan fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola setempat seperti Banana boat, berenang, Kano, dan masih ada yang lainnya. Air lautnya yang berombak tenang sehingga menjadikan tempat favorit untuk anak-anak berenang.
  • Sebelah utara Pulau Untung Jawa terdapat Dermaga memancing. Di dermaga ini banyak sekali orang yang duduk berdiam diri dengan memegang alat pancing.
  • Di sebelah dermaga memancing ada banyak sekali kapal tua yang bersandar, dan ternyata ada tempat perbaikan kapal dan juga pembuatan kapal baru. Disini pengunjung dapat menikmati beberapa orang yang membuat kapal baru atau memperbaiki kapal tua.
  • Di samping pantai yang berpasir putih ternyata terdapat pantai satu lagi dimana kita dapat menyaksikan kota Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya dari kejauhan. Hanya saja pantai ini tak begitu diminati karena pasirnya agak kasar, terdapat kerikil dan kerang yang berhamburan ditepian pantai yang berombak pelan. Jadi pengunjung hanya bisa menyaksikan sembari duduk santai di sekitar pendopo yang telah di bangun warga.
  • Wisata hutan mangrove atau hutan bakau yang ada di tepian barat pulau. Di sini pengunjung akan menyaksikan puluhan burung yang terbang bergerombol keluar dari hutan ini lalu pergi menyusuri pulau.
Nah itulah beberapa keindahan alam dan fasilitas yang ada di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu. Bagi anda yang merindukan pulau dan pantai di dekat Jakarta, anda bisa ke wisata pulau seribu murah dan tentunya mengunjungi Pulau Untung Jawa. Selain dekat dan tak membutuhkan waktu lama, Pulau ini cukup menarik untuk masyarakat Jakarta yang bosan dengan wisata yang ada di daratan.



===============   AYOOO JELAJAH INDONESIA ===========

No comments:

Post a Comment