Wednesday 28 December 2016

MASJID KUBAH EMAS

Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas yang berada di Depok adalah salah satu masjid yang terbesar dan agung di Indonesia, termasuk di Asia Tenggara.
Masjid Dian Al-Mahri bukan termasuk masjid pemerintah,karena masjid ini dibangun oleh seorang pengusaha wanita yang berasal dari daerah Banten yaitu Hj Dian Djuriah Maimun Al Rasyid., sebagai  bentuk kecintaan Hj Dian Djuriah Maimun Al Rasyid terhadap Allah dan rasul yang menjadi salah satu motivasi yang kuat untuk membelanjakan uangnya untuk membangun masjid kubah emas yang sangat mengagumkan ini.
Letak Masjid Kubah Emas Depok ini berada jauh di dalam sebuah kompleks dengan luas 50 hektar meskipun gerbang masuk ke Masjid Kuban Emas Depok berada di pinggiran Jl Raya Meruyung Kecamatan Limo, Cinere, Depok.
Kubah utama Masjid Kubah Emas Depok memiliki bentuk yang mirip dengan kubah Taj Mahal, dengan diameter dasar 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Kubah emas Masjid Kubah Emas Depok dilapisi dengan emas mosaik padat dengan tebal antara 2-3 mm, Masjid Kubah Emas Depok mempunyai 6 buah menara dengan tinggi sekitar 40 meter yang memiliki bentuk segi enam yang menunjukkan simbol Rukun Iman dalam doktrin Islam.
Selain itu kubah-kubah di atas menara Masjid Kubah Emas Depok juga dilapisi dengan emas mosaik padat 24 karat. Masjid Kubah emas Depok memiliki ukuran 60×120 meter yang memiliki daya kapasitas sekitar 20 ribu jamaah.
Ornamen di atas ruang imam, pagar di lantai dua dan karya kaligrafi yang menempel di langit-langit juga dilapisi dengan emas 18 karat. Masjid Kubah Emas Depok memiliki lampu kristal yang didatangkan khusus dari Itali  yang memberikan kesan agung karena dikelilingi oleh pilar beton kokoh serta langit-langit pada bagian dalam kubah Masjid Kubah Emas yang dicat dengan lukisan langit biru dan awan putih yang memberi kesan luas.
Masjid Kubah Emas juga memiliki 4 kubah yang berukuran lebih kecil, dengan diameter bawah 6 meter, diameter tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.
Pembangunan Masjid Kubah Emas ini mulai dikerjakan pada tahun 2001 dan baru selesai pada akhir 2006 dan dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006 yang bertepatan dengan Hari Raya Iedul Adha ke-2 yang jatuh pada tahun 2006.
Konon di dunia ini hanya ada enam masjid Kubah Emas yang lain selain Masjid Kubah Emas yaitu;
  1. Masjid Sultan di Singapura,
  2. Masjid Sunehri di Lahore,
  3. Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei,
  4. Masjid Omar Ali Saifuddin dan
  5. Masjid Al-Askari di Samara-Iraq dan
  6. Masjid Qubbah As-Sakhrah (Kubah Karang) di Jerusalem.
Oleh karenanya, sungguh cukup berharga untuk waktu yang diluangkan  dengan berkunjung ke Masjid Kubah Emas di Depok ini untuk mengagumi keagungan cinta, dalam salah satu bentuknya.







===========   AYOOO  JELAJAH  INDONESIA ========

No comments:

Post a Comment