Wednesday 28 December 2016

CIPATUJAH

Pantai Selatan Tasikmalaya, atau terkenal dengan pantai Cipatujah merupakan salah satu obyek wisata alam, dengan daya tarik utama berupa wisata bahari. Pengelolaan obyek wisata pantai Selatan ini dibawah kendali Kantor Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya. Obyek wisata pantai Selatan Cipatujah meliputi area kurang lebih 115 hektar, terletak kurang lebih 74 km dari pusat kota Tasikmalaya. Pantai Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata yang tersebar di sepanjang pantai Cipatujah sampai Cikalong. Obyek dan daya tarik wisata yang sudah mulai dirintis antara lain: Pantai Sindangkerta, Pamayangsari, Karangtawulan, semuanya termasuk wilayah Kecamatan Cipatujah. Sementara obyek-obyek wisata pantai yang termasuk Kecamatan Cikalong antara lain: Pantai Mandalajaya dan Sindangjaya. Disamping obyek-obyek wisata tersebut masih terdapat obyek dan daya tarik lain. Pada area pantai Selatan Tasikmalaya bermuara sungai-sungai yang cukup besar membuat panorama alam disekitarnya indah dan sangat potensial untuk dikemas menjadi obyek wisata.
Di sini anda dapat menikmati Panorama Pantai dengan pasir putihnya dan sangat ideal untuk olah raga Volley Pantai, Memancing di Muara Sungai Cipatujah dan Sungai Cipanyerang.
Fasilitas yang tersedia : Kios Wisata, Penginapan, Pondok Wisata, Warung-warung makanan dan minuman, Tempat Botram, Panggung Hiburan, Balawista, Gazebo dan Tempat Parkir yang luas.
Pantai Sindangkerta
Terletak + 4 km dari Pantai Cipatujah. Keistimewaan pantai ini yaitu merupakan Taman Laut yang indah seluas 20 Ha. Banyak dijumpai Penyu Hijau yang langka, Karang Laut, Ikan Hias dan apabila air sedang surut dapat dipergunakan untuk berenang.
Fasilitas yang tersedia : Wisma/Mess Mutiarasari, Gazebo, Pondok Wisata, Mesjid, Toilet, Saung Botram dan Camping Area.
Pantai Pamayangsari





Pantai ini merupakan satu-satunya Pelabuhan Nelayan di Kabupaten Tasikmalaya. Memiliki Adat/Ritual Masyarakat Nelayan yang menarik, yaitu setiap tahun selalu diadakan acara “Hajat Laut/Syukuran Nelayan”. Jarak dari Pantai Sindangkerta + 4 km ke arah timur. Di tempat ini juga terdapat tempat penangkaran Penyu Hijau yang langka.
Fasilitas yang tersedia : Tempat Pelelangan Ikan, Pasar Ikan, Warung-Warung, Menara Tempat menikmati panorama laut lepas, Pondok Wisata dan Tempat Parkir yang luas.
Pantai Karangtawulan
Jarak dari Pusat Kota Tasikmalaya + 100 km terletak di Kecamatan Cikalong. Merupakan sebuah pantai berkarang yang landai dan curam. Memiliki panorama laut yang mempesona. Di hadapan pantai terdapat Nusa Kolotok dan agak ke sebelah timur terdapat pulau-pulau kecil (Nusa Manuk) yang pada waktu-waktu tertentu dihuni oleh beberapa jenis burung.

Fasilitas yang tersedia : Gazebo, Pondok Wisata, Menara tempat melihat panorama laut lepas, tangga menuruni pantai, Saung Peneduh, Jalan Lingkungan, Warung-warung Makanan/Minuman serta Tempat Parkir yang luas.



===AYO  JELAJAH INDONESIA ===

No comments:

Post a Comment