Wednesday 28 December 2016

CISEENG PARUNG

Salah satu tempat wisata alam di Bogor adalah pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng yang ada di area gunung kapur wilayah Parung, Bogor. Pemandian air panas ini terletak tidak jauh dari kota Jakarta yang merupakan kota terpadat di Indonesia. Karena letaknya yang hanya memerlukan waktu kurang dari 2 jam dari Jakarta, Tirta Sanita Ciseeng merupakan tempat wisata yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun orang terkasih.
olam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Pemandian air panas ini berjarak sekitar 50 km dari kota Jakarta atau 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Berdasarkan penelitan TEMAC Thai Engineering Materials Analysis, C. Ltd., air panas di Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit. Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi semakin mulus setelah berendam.

Outbound Tirta Sanita Ciseeng
Tirta Sanita Ciseeng tidak hanya menawarkan wisata pemandian air panas saja, namun juga area outbound dan penginapan sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan tempat wisata seluas 8 hektar ini. Selayaknya daerah pegunungan, tempat wisata Tirta Sanita Ciseeng ini mempunyai pemandangan yang asri dan sejuk. Hal ini dapat dirasakan ketika Anda memasuki gerbang utama pemandian, di sana Anda akan menyaksikan deretan pohon palem raja yang tertata rapi di sisi kiri dan kanan. Di samping pohon palem raja tersebut terdapat area bermain anak, dan jika Anda menelusuri lebih jauh ke dalam, maka akan ada kios-kios penjual ikan cupang (Betta Splendens) yang dikemas dalam botol plastik.

Batu Belerang Tirta Sanita Ciseeng
Ketika sampai di bagian utama yang merupakan inti dari pemandian Tirta Sanita Ciseeng, Anda akan menemukan batu berukuran besar yang telah berubah warna menjadi putih karena kandungan belerang yang ada di gunung kapur ini. Jika Anda naik sedikit ke atas, Anda akan melihat kolam air panas berwarna putih kehijauan. Kolam air panas ini digunakan untuk pemandian terbuka yang dipakai beramai-ramai. Di sini, Anda juga akan menyaksikan pemandangan seperti gunung salju karena puncaknya tertutup endapan kapur yang berwarna putih sehingga menyerupai salju. Berhati-hatilah saat menaiki tangga karena beberapa anak tangga sudah mulai rusak.



============  AYOO JELAJAH  INDONESIA ===========







No comments:

Post a Comment