Wednesday 28 December 2016

PANTAI PANGANDARAN

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.
Kabupaten Pangandaran
Berada di Selatan Jawa Barat dengan ibu kota Parigi. Sebuah kabupaten hasil dari pemekaran Kabupaten Ciamis, memiliki banyak destinasi tujuan Pariwisata dan saat ini Pemerintah Daerah sedang berpacu untuk terus membuat Kabupaten Pangandaran ini lebih di kenal di mata Nasional maupun Internasional.
Pangandaran berawal dari sebuah cerita yang di ambil dari kata Pangan dan Daran yang memiliki arti Pangandaran = Makanan dan Daran tempat bersandar nya para Pendatang. Dan menjadikan Pangandaran menjadi sebuah daerah bagi para pendatang, berada di selatan Jawa Barat.
Sejarah dari Pangandaran
Para sesepuh terdahulu memberi nama Desa Pananjung, menurut para sesepuh dahulu disamping terdapat tanjung didaerah ini banyak terdapat keramat dibeberapa tempat. Pananjung artinya dalam bahasa sunda Pangnanjung-nanjungna (paling subur atau paling makmur)
Pada tahun 1922 jaman atau masa penjajahan Belanda oleh Y. Everen, Presiden Priangan pada waktu itu Pananjung dijadikan taman baru, pada saat melepaskan seekor banteng jantan, tiga ekor sapi betina dan beberapa ekor rusa.
Karena memiliki keanekaragaman satwa dan jenis – jenis tanaman langka, agar kelangsungan habitatnya dapat terjaga maka pada tahun 1934 Pananjung dijadikan suaka alam dan marga satwa dengan luas 530 Ha.  Pada tahun 1961 setelah ditemukannya Bunga Raflesia padma status berubah menjadi cagar alam.
Dengan meningkatnya hubungan masyarakat akan tempat rekreasi maka pada tahun 1978 sebagian kawasan tersebut seluas 37, 70 Ha dijadikan Taman Wisata.  Pada tahun 1990 dikukuhkan pula kawasan perairan di sekitarnya sebagai cagar alam laut (470,0 Ha) sehingga luas kawasan pelestarian alam seluruhnya menjadi 1000,0 Ha.  Perkembangan selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 104?KPTS-II?1993 pengusahaan wisata TWA Pananjung Pangandaran diserahkan dari Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam kepada Perum Perhutani.









=========  AYOOO  JELAJAH  INDONESIA ========



No comments:

Post a Comment