Thursday 29 December 2016

MUSEUM PURBA KUNINGAN

Di artikel awal saya menulis mengenai tempat-tempat wisata apa saja sih yang ada di Kuningan Jawa Barat, yang saya beri judul:  Info Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat. Nah di artikel ini saya akan menuliskan sedikit lebih detil mengenai wisatanya.

Objek  wisata  Museum Taman Purbakala Cipari merupakan wisata sejarah yang terletak  di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur dengan luas 6.364 m2,  berada di lingkungan pemukiman penduduk. Ditemukan pertama kali pada tahun 1972. Wisata ini menurut sejarahnya adalah site peninggalan era megalitikum masyarakat purba yang pada waktu itu hidup di daratan sunda besar yaitu daratan yang cakupannya mencakup wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan serta lautan yang menghubungkan ketiga wilayah tersebut sekitar 10.000 tahun silam. Di wisata ini wisatawan akan menjumpai banyak peninggalan sejarah berupa batu-batu diantaranya;  batu andesit yang tersusun rapih yang memagari kawasan taman purbakala cipari ini, batu menhir yang berbentuk tegal kasar yang konon pada waktu itu dipakai sebagai tempat pemujaan dan penghormatan, Batu Temu Gelang (tempat upacara yang berfungsi menghubungkan arwah nenek moyang dan sebagai tempat musyawarah), Peti Kubur yang terbuat dari batu andesit besar yang berbentuk sirap (menggambarkan konsep-konsep kekuasaan alam seperti matahari dan bulan yang menjadi pedoman hidup dan lahir sampai meninggal), batu Dolmen (batu meja) berbentuk susunan beberapa batu dari sebuah batu lebar yang membentuk meja, Batu Dakon (lumpang batu) berfungsi sebagai tempat untuk membuat ramuan obat-obatan. Nah untuk lebih detailnya silahkan anda datang saja ke tempat wisata ini…….

berjarak sekitar 4 km saja dari Kota Kuningan, sedangkan dari Kota Cirebon berjarak sekitar 35 km
Itulah sekilas tentang  Objek  wisata  Museum Taman Purbakala Cipari, semoga sedikit banyaknya bisa membuat anda mempunyai gambaran tentang Objek Wisata Sangkanhurip Kuningan ini.

========   AYOOO  JELAJAH  INDONESIA  ==========


No comments:

Post a Comment