Thursday 22 March 2018

WADUK SAGULING


Saat mau bersihin file file foto, nemu foto ini, Pada saat dinas di Jawabarat untuk yang kedua kalinya di Tahun 2008, menyempatkan diri main ke Waduk Saguling, dari penyusuran dan nanya nanya dengan penangkap ikan dan tukang perahu disini, ceritanya penuh misteri, kami tidak terlalu terpengaruh dengan cerita – cerita ini, tujuannya biasa hanya untuk selfie, walau tahun 2008 istilah ini belum ada.
Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, khususnya Bandung Barat, maka Anda pasti sudah familiar dengan yang namanya Waduk Saguling. Waduk ini turut berkontribusi dalam membendung air Sungai Citarum, yang merupakan sungai terbesar di Jawa Barat.
Sama seperti Waduk Gondang dan Waduk Jatigede yang memiliki cerita misteri, ternyata Waduk Saguling ini juga tak lepas dari cerita misteri.
Sebuah misteri Waduk Saguling yang santer terdengar di kalangan masyarakat sekitar adalah tentang keberadaan penampakan hantu di sekitar waduk. Meskipun tidak jelas sosoknya seperti apa, tetapi warga sekitar meyakini bahwa orang yang pernah melihat penampakan hantu tersebut pasti langsung kesurupan. Mayoritas korban kesurupan setelah melihat penampakan mahluk astral ini adalah wanita. Jadi, masyarakat sekitar menghimbau kepada pengunjung waduk untuk menjaga pikiran agar tidak kosong serta menjaga sikap serta perilaku agar tidak menyinggung mahluk astral yang menunggu waduk ini.
Di sekitar Waduk Saguling terdapat sebuah petilasan yang sampai ini banyak dikunjungi pecinta sejarah dan spiritual. Petilasan yang bernama Sanghyang Tikoro ini usut punya usut pernah digunakan oleh Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran dan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit untuk bertapa.
Petilasan ini nampak seperti sebuah gua yang bawahnya dialiri oleh air sungai. Meskipun Anda bukan pecinta sejarah dan spiritual, tak ada salahnya Anda berkunjung ke petilasan yang sangat bersejarah ini. Banyak juga wisawatan yang berfoto-foto di sekitar Petilasan Sanghyang Tikoro.


Waduk Saguling memiliki beberapa jenis ikan air tawar, tapi yang paling banyak adalah ikan nila. Oleh karena itu, banyak sekali warga sekitar maupun wisatawan yang tidak ingin melewatkan kegiatan memancing di Waduk Saguling. Akan tetapi, sebuah cerita misteri Waduk Saguling mengenai keberadaan ikan setan pernah menggemparkan warga. Kala itu, seorang warga sekitar yang memancing ikan di Waduk Saguling mengaku mendapatkan ikan setan. Ciri-ciri dari ikan setan tersebut antara lain adalah matanya tampak merah menyala, sisiknya hilang separuh, dan kadang-kadang juga memiliki gigi taring. Jika Anda memancing di Waduk Saguling dan mendapatkan ikan sejenis itu, maka sebaiknya lepaskan saja ikan ke waduk. Jangan membawa pulang atau memakan ikan tersebut untuk menghindari bencana atau penyakit yang tidak diinginkan.
Baik Waduk Saguling maupun Waduk Cirata sama-sama saling berhubungan satu sama lain. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi irigasi. Akan tetapi, jika dilihat dengan mata batin, kedua waduk ini sama-sama memiliki kerajaan gaib di dasar waduk. Kedua pemimpin gaib di kerajaan tersebut dipercaya saling bersahabat satu sama lain. Meskipun terkadang kedua kerajaan gaib di dasar waduk ini menjadi rival. Lantas, apakah mitos tentang keberadaan kerajaan gaib ini menjadi penyebab banyaknya orang tenggelam di Waduk Saguling?
Banyak lah crita crita misteri lainnya….tapi dengan crita ini jangan membuat anda takut untuk dating kesana, nikmati pemandangannya, yang penting jaga etika dan tata krama selama berada disana.
Oke, selamat liburan ……salam Jelajah Indonesia.

========= AYOO JELAJAH  INDONESIA =========






No comments:

Post a Comment