Tuesday 20 March 2018

CURUG BETUNG SERANG


Saat baru bertugas di Banten, seperti di tempat yang lain yang pertama di cari adalah, tempat – tempat bersejarah, gunung, pantai, goa dan lain – lain yang indah buat selfie, salah satu tempat yang kami kunjungi adalah curug Betung, waktu itu sengaja tidak pulang ke Bogor yang biasa saya lakukan setiap jumat sore sepulang kerja langsung pulang ke rumah di bogor, tapi hari itu sengaja tetap di serang agar hari sabtu dan minggunya bisa mengunjungi tempat tempat wisata di Banten yang belum di kunjungi. Dengan mengendarai si ganteng “Tiger” yang sengaja di bawa dari Bogor saya dengan istri memulai penjelajahan. 
Jalan yang dilalui saat itu masih proses pengecoran di satu sisi, sementara sisi yang lainya sudah selesai, sedangkan jalan menuju ke curug Betung dari jalan utama sudah mulai rusak, dimana aspalnya sdh banyak yang tidak ada sehingga yang muncul hanya batu batu saja, sekitar 3 KM perjalanan kami harus berhenti, karena jalanan hanya bisa dilalui dengan berjalan kami, dan kita melewati bukit bukit kecil, kelihatan sekali tidak terurus lokasinya, sebenarnya sudah dibuatkan trap – trap dari semen menuju lokasi, namun karena tidak terurus sehingga tertutup oleh belukar dan rumput liar, sesekali kami bertemu dengan ular kecil yang melintas. Jarak antara parker kendaraan dengan lokasi sekitar 1 km.

Pada saat musim hujan, jalan ini menjadi lebih licin karena banyak lumut yang tumbuh di bebatuan. Kemudian jalan ini sedikit lebih menantang, jalannya mulai menurun, menyempit, dan terdapat sedikit rintangan. Namun, mulai disinilah Anda bisa melihat pemandangan yang indah disekitar tempat ini. Kemudian melalui suatu jalan kecil yang sudah disemen yang sepertinya dibuat oleh penduduk desa sekitarnya. Selanjutnya melalui beberapa anak tangga dan akhirnya sampai di tempat tujuan.
Untuk mencapai tempat ini, Anda tidak perlu membayar apapun layaknya tempat wisata lain yang sudah lebih tertata. Waktu itu saya dan istri  juga tidak membayar apapun karena sepengamatan saya tempat ini memang masih sangat alami.
Perlu diketahui, di Curug Betung ini terdapat dua curug (air terjun). Yang pertama berukuran kecil dan yang kedua berukuran lebih besar yang memiliki ketinggian hingga sekitar 10m atau lebih. Akan tetapi jalan untuk menuju curug yang kedua ini tidak dapat dilewati karena terlalu berbahaya dan terletak dekat sekali dengan jurang. Sayang sekali, jika saja seandainya ada jalan yang memungkinkan untuk melihat curug kedua tersebut, kita bisa melihat pemandangan yang lebih menakjubkan dari curug yang pertama. Adapun aliran sungai yang melewati kedua curug ini mengalir dengan sangat deras, jadi Anda perlu sedikit berhati-hati agar tidak terbawa arus dan jatuh ke dasar sungai.
Menurut saya, sebenarnya tempat ini bisa menjadi salah satu potensi wisata yang ada di Provinsi Banten disamping Anyer yang sudah terkenal sejak dulu. Selain itu, saya merasa tempat ini mungkin bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Serang dan tentunya bagi Provinsi Banten jika pemerintah setempat mau merehabilitasi tempat yang satu ini menjadi suatu tempat wisata yang menarik bagi banyak orang. Jika saja tempat ini sudah didesain sedemikian rupa sebagai tempat wisata, yang diimbangi dengan perbaikan infrastruktur seperti jalan untuk menuju ke tempat ini, tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi disekitar daerah Cinangka dan sekitarnya. Lumayan.



========= AYOO JELAJAH INDONESIA =========











No comments:

Post a Comment