Friday 23 March 2018

CANDI PLOASAN


Kami memasuki Jogjakarta pada pukul 3.50, masih pagi, tapi suasana tidak begitu sepi, kami langsung menuju Tugu, setelah puas ber selfie ria, kami melanjutkan perjalanan ke malioboro, sesampai di malioboro pukul 4 pagi, setelah parkir tidak lama dating abang becak dan menawarkan penginapan, bervariasi harga dan tempat yang di tawarkan, kami memilih yang di
seputaran malioboro saja, untuk 2 kamar, kami langsung di ketemukan dengan pemilik losmen yang langsung dating menyampari tempat parkir kami, disepakati harga untuk masuk pagi ini bayar 100 ribu untuk 1 kamarnya dan untuk besok harinya 250 ribu per kamarnya, karena suasana lebaran, kalua hari biasa 200 ribu per kamarnya.
Sehabis istirahat dan sholat subuh, serta sarapan di malioboro kami langsung menuju Candi Plaosan.
Candi Plaosan adalah candi Budha yang terletak di Dukuh Plaosan Desa Bugisan. Candi ini terdiri atas dua candi utama yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Relief ukiran yang terletak di bagian selatan candi menggambarkan tentang laki-laki dan candi yang lain menggambarkan tentang wanita.
Candi Plaosan Lor terdiri dari dua candi utama dengan tinggi 21 meter. Panjang tembok yang mengelilingi candi sepanjang 50 meter dan lebar 14 meter. Di tembok ini terdapat gambar Bodhisattva, Kinnara dan beberapa dewa perempuan.
Setiap candi mempunyai 6 ruangan yang terbagi dalam 2 tingkat. Di ruangan di lantai bawah terdapat patung Buddha yang terbuat dari tembaga, tetapi sekarang sudah hilang, yang dikelilingi oleh dua patung Bodhisattva. Relief di tembok menggambarkan pemberian. Relic dan benda yang disucikan berada di lantai atas.
Candi Plaosan Kidul terdiri dari dua bangunan utama. Sebagian dari Kala Makara didekorasi dengan antefixe dan pintu masuk, yang dihiasi dengan motif tumbuh-tumbuhan. Di dekat Candi Plaosan terdapat candi-candi maupun situs-situs yang kurang terpelihara. Sebagian candi maupun situs ini sudah tinggal reruntuhan.
Disini tempat Parkir kecil, dan hamper tidak ada pedagang yang jualan disini, jadi kalua mau minum atau makanan ringan harus beli dulu di luar atau di seputaran candi prambanan, baru menuju lokasi ini.

======= AYOO JELAJAH  INDONESIA  ========

No comments:

Post a Comment