Monday 19 March 2018

GUNUNG MUNARA

Situs Gunung Munara tidak sengaja kami sekeluarga menginjakan kaki kesana, awalnya hanya pengen muter muter saja keliling bogor, tak sengaja menjelajah di google, wisata di bogor, dan salah satu tempat terdekat saat kami browsing adalah gunung Munara, maka jadilah kami kesana,  menjadi salah satu tempat wisata yang terdapat di Daerah Bogor tepatnya di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin - Kabupaten Bogor. Gunung Munara mempunyai ketinggian 1119 Mdpl, dan tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang hobi mendaki gunung namun tidak mempunyai banyak waktu. Karna Anda bisa melakukan satu hari perjalanan atau 1 jam perjalanan untuk menaiki puncaknya. Tempat wisata ini juga cocok untuk Anda yang tidak hobi hiking namun ingin melihat keindahan alam yang dilihat dari atas gunung.

Selain mendaki gunung, di tempat wisata gunung munara ini juga terdapat berbagai goa dan pentilasan. Diantaranya yaitu Goa Sukarno, Pentilasan Sultan Hasanudin, Batu Tapak Sikabayan, Goa Batu Belah dan juga Batu Menara Azan.

Tempat wisata ini juga biasanya ramai dihari-hari tertentu seperti malam satu suro, dimana banyak orang yang berziarah ke gunung tersebut.

Terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke lokasi tersebut, rute yang cukup mudah yaitu dengan menuju ke Pasar Parung dahulu, lalu ikuti jalan yang ada dibelakang Pasar Parung menuju ke lokasi tempat wisata tersebut.

Jika Anda dari Jakarta, Rute yang harus Anda lalui yaitu melewati
Lebak Bulus, lalu lurus menuju Gaplek, kemudian jalan terus ke arah Bojong Sari, lurus lagi menuju Parung, Lalu ikuti arah ke Ciseeng, kemudian kearah Rumpin, dan ikuti jalan kerah Gunung Munara.

Jika Anda dari Tangerang, Rutenya yaitu BSD – Serpong – Gunung Sindur – Rumpin – Base Camp Situs Gunung Munara

Jika Anda dari Depok, Rutenya yaitu
Lampu merah Margonda sebelum terminal belok kanan kearah Arif Rahman Hakim, setelah itu ada lampu merah belok kiri kearah Nusantara, lalu setelah lampu merah lagi belok kanan kearah Sawangan lurus terus melewati perempatan DTC, ikuti jalan terus dan jika ketemu pertigaan Parung Bingung, belok kiri kearah Bojong Sari lalu lurus terus mengikuti Jl Raya Sawangan, lalu jika ketemu pertigaan lampu merah Bojong Sari/ Mc Donald, ambil ke kiri lalu lurus terus ikuti jalan kearah Pasar Parung, setelah itu belok kanan kearah Ciseeng – lalu Rumpin – Kampung Sawah – Dan Situs Gunung Munara.