Monday 19 March 2018

GUNUNG PADANG CIANJUR


Kawasan Cianjur, Jawa Barat nggak cuma dikenal dengan panorama alam yang bikin hati sejuk dan tentram. Di salah satu sudutnya, kamu bisa bertemu dengan Situs Gunung Padang yang sangat terkenal.
Pertama kali muncul ke publik di tahun 2013 lalu, Situs Gunung Padang terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Hadir di ketinggian 885 mdpl, Situs Gunung Padang merupakan kompleks kebudayaan Megalitikum yang sangat besar.
Para arkeolog bahkan memperkirakan Situs Gunung Padang merupakan situs peradaban manusia terluas yang pernah ada. Dengan usia yang mencapai ribuan tahun, Situs Gunung Padang bisa menjadi destinasi menarik yang kamu harus kunjungi.
Dilihat dari bentuknya, Situs Gunung Padang terkesan sangat tua. Vegetasi alam yang hadir di seluruh permukaan kompleks dibungkus oleh batu-batuan vulkanik purba yang membentuk punden berundak.
Para peneliti pun bolak balik melakukan pengujian untuk menentukan usia dari situs ini. Hasilnya, karbon yang terkandung di dalam batuan Situs Gunung Padang berusia lebih dari 11 ribu tahun, menjadikan situs ini yang tertua di dunia melebihi Pyramid Giza di Mesir.
Soal ukuran, Situs Gunung Padang di Cianjur juga jadi salah satu yang terluas, berdiri di atas tanah seluas 150 hektar, Situs Gunung Padang memilik ketinggian 100 meter per lapis.
Jika ditotal, Situs Gunung Padang 10 kali lebih luas ketimbang Candi Borobudur! Nggak heran, para arkeolog nggak berhenti buat meneliti situs ini untuk menguak peradaban sejarah manusia yang kemungkinan berubah.
Buku sejarah mencatat Bangsa Mesopotamia di Mesir sebagai peradaban manusia pertama di dunia. Namun semenjak Situs Gunung Padang ditemukan, peta peradaban dunia sedikit bergeser ke Indonesia.
Para arkeolog berbondong-bondong untuk mencari tahu tentang asal usul dari Situs Gunung Padang dan mengusut bangsa apa yang membangun situs ini.
buat kamu yang merasa ingin berlibur sambil belajar sejarah, Situs Gunung Padang di Cianjur bisa jadi alternatifnya.















=============AYOO  JELAJAH  INDONESIA============











No comments:

Post a Comment