Monday 20 March 2017

TAMAN PASOPATI BANDUNG

Seperti kita ketahui, ruang terbuka hijau atau RTH merupakan suatu kawasan yang ditata dengan unsur dan struktur alami agar bisa menjalankan proses ekologis untuk keseimbangan ekosistem di sekitar kawasan RTH itu berada. Salah satu wujud dari RTH adalah taman kota atau area hijau yang kerap dimanfaatkan untuk tempat interaksi sesama warga kota ataupun sebagai tempat berbagai kegiatan masyarakat.
Keberadaan taman kota ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup warga dan menjaga pelestarian lingkungan sehingga area ini tidak hanya berisi aneka jenis vegetasi, tetapi juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti tempat duduk, arena olahraga, dan berbagai fasilitas lain.
Salah satu taman kota di Bandung adalah Taman Pasupati yang luasnya sekitar 30 m x 25 m dan berada di tengah Kota Bandung, Jawa Barat. Dulu, area yang berlokasi tepat di bawah jalan layang Pasupati ini cenderung tidak terurus serta bersuasana gelap dan sepi. Pemerintah Kota Bandung “menyulap” area ini menjadi ruang terbuka yang nyaman untuk hangout dan cocok untuk wadah “berekspresi”, terutama bagi anak muda.
Hampir seluruh lantai area dilapisi oleh paving block dan terdapat kubus-kubus beton dengan ukuran berbeda yang berfungsi sebagai hiasan/artwork sekaligus tempat duduk. Di sisi lain dari taman ini, dibuat juga area untuk bermain papan luncur atau skateboard berbentuk huruf U . Uniknya lagi, salah satu dinding kolom penopang jalan juga dihias dengan mural.
Taman Jomblo (Taman Pasupati)
Inilah nama taman yang termasuk “fenomenal” di Kota Bandung. Nama tersebut tercetus karena taman yang lokasinya berada di kolong jembatan Pasupati tersebut terdapat single seat atau bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman tersebut banyak didatangi anak-anak muda Bandung untuk sekadar nongkrong atau berfoto-foto.

==============  AYOOOO  JELAJAH  INDONESIA  ============




No comments:

Post a Comment