Monday 20 March 2017

TAMAN FILM BANDUNG

Membicarakan taman tematik yang ada di Kota Bandung, tak lengkap rasanya bila tak menyinggung Taman Film. Dibangun di atas lahan seluas 1.300 meter persegi dan dilengkapi videotron raksasa berukuran 4x8 meter serta sistem suara yang berdaya listrik 33.000 Watt, taman taman tersebut tak pernah sepi khususnya pada akhir pekan.
Taman Film disediakan bagi warga Bandung yang ingin menonton film beramai-ramai secara gratis. Selain itu, taman tersebut juga sering menjadi tempat nonton bareng pertandingan sepak bola klub kebanggaan Kota Kembang, Persib Bandung.
Kegiatan-kegiatan lainnya juga sering diselenggarakan di Taman Film. Contohnya, acara "Solidarity Day" pada 2015 yang diadakan untuk mengenang dua tokoh besar Soekarno dan Nelson Mandela. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Konferensi Asia-Afrika ke-60.
Dengan beralaskan rumput sintetis, para pengunjung bisa melakukan kegiatan dengan santai, seperti belajar bersama, piknik, bahkan arisan. Pengunjung juga tak perlu khawatir akan terik matahari atau hujan, karena letaknya yang tepat berada di kolong Jembatan Pasupati membuat taman itu terlindungi.
 “Sekarang kayaknya orang dari mana-mana sudah banyak yang tahu bahwa di sini ada Taman Film. Mereka penasaran mau ke sini dan kalau udah ke sini pasti ketagihan,”
Memang menarik jika melihat kondisi lokasi Taman Film sekarang. Padahal jika mundur tiga tahun ke belakang, lokasi itu justru dikenal menyeramkan. Bahkan, Wali Kota Ridwan Kamil sempat berujar tempat tersebut dulu dikenal sebagai lokasi jin buang anak.
Taman Film boleh jadi dianggap menjadi satu dari sedikit taman tematik yang paling berhasil dalam menjalankan fungsinya sebagai ruang publik. Sebab, saat ini tak banyak taman tematik gagasan Pemkot Bandung yang masih dalam keadaan terawat.

==============  AYOOO JELAJAH  INDONESIA  ==============





No comments:

Post a Comment