Thursday 2 March 2017

SAMARINDA

Samarinda adalah ibukota dari Indonesia Provinsi Kalimantan Timur di pulau Kalimantan. Kota ini terletak di tepi sungai Mahakam. Kota ini merupakan kota terpadat di seluruh Pulau Borneo, meskipun itu adalah ibukota Kalimantan Timur, beberapa lembaga pemerintah seperti Kapolda, Indonesia Angkatan Darat distrik VI dari Tanjung Pura, dan Pelabuhan Indonesia (Port transportasi) terletak di Balikpapan. Samarinda terkenal  makanan tradisional yang amplang, serta kain sarung samarinda. Kota ini juga memiliki sebuah jembatan yang diberi nama sungai mahakam, ini menghubungkan menghubungkan  Samarinda Seberang.

Pada awal Perang Gowa, Belanda di bawah komando Admiral Speelman menyerang Makassar dari laut. Sementara itu, Nederland lokal sekutu Arung Palaka memimpin serangan tanah. Kerajaan Gowa dipaksa menyerah dan Sultan Hassanudin dibuat untuk menandatangani Perjanjian Bungaya pada 19 November 1667. Perjanjian itu tidak memadamkan semua masalah Belanda Namun, karena Bugis dari Gowa melanjutkan perjuangan mereka menggunakan taktik perang gerilya. Beberapa Bugis yang pindah ke pulau-pulau lain di dekatnya seperti Kalimantan. Beberapa ribu orang yang dipimpin oleh Lamohang Daeng Mangkona atau Pua Ado saya, pindah ke Kalimantan Timur, yang dikenal kemudian sebagai Kutai, dimana mereka disambut oleh Sultan lokal. Sultan Kutai memberikan pendatang tanah di Kampung Melantai di sekitar Karang sungai Mumus, yang sekarang dikenal sebagai Kampung Selili, mana didirikan pertanian dan perikanan. Dalam pembayaran, orang-orang Bugis berjanji untuk membantu Sultan membela Kutai setiap kali diperlukan. Kedatangan Bugis pertama pada 21 Januari 1668 dipilih untuk menandai ulang tahun kota.

Yang terpenting disini adalah, samarinda kota kelahiranku, aku dibesarkan disini dan sanak familiku disini, termasuk makam kedua orangtua dan kakek uyutkupun dimakamkan disini.

                =======   AYOOOO  JELAJAH  INDONESIA  ======






No comments:

Post a Comment