Wednesday 22 February 2017

PUNCAK PINANG CILEGON

Sepulang dari titik Nol Kilometer di Anyer, perjalanan saya dan keluarga menuju Gunung Pinang di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, merupakan sebuah bukit yang tingginya 300 mdpl dengan luas 222 hektare. Gunung ini bisa jadi pilihan untuk sekadar berolah raga melewati track berupa jalan beraspal yang sudah disediakan sejauh kurang lebih dua kilometer.
Sepanjang perjalanan saya ada bertemu dengan komunitas sepeda yang melewati pegunungan di pigir jalan ber aspal yang saya lewati.
Menurut penjaga yang saya tanya katanya, puncak pinang ini baru bulan Desember 2016 di buat, dan baru memiliki 1 spot untuk selfie, ada satu tempat lagi yang sekarang masih dalam proses pembuatan, Gunung Pinang selalu dikunjungi oleh pecinta selfie istilah lain dari motret sendiri maupun kelompok karena tersedia tempat selfie deck tepat di puncak yang dinamakan puncak pinang. Di situ terlihat hamparan luas laut, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Pulau Panjang yang sangat jelas.
Selain menikmati indahnya panorama alam, pengunjung juga disuguhi oleh kicauan burung dan terdapat habitat elang jawa dan bisa mengabadikan kepakan sayap elang jawa yang terbang di atas selfie deck. Sunggun tempat yang begitu indah, segar, dan mengesankan.
Bagi para pengunjung yang hobi berolah raga sepeda, tempat ini sangat bagus dan pas. Selain trek jalan yang sudah diaspal, Gunung Pinang juga memiliki trek downhill yang pernah digunakan sebagai ajang International Downhill Championship 2009.
Selain track downhill, Gunung Pinang juga memiliki sirkuit offroad yang merupakan salah satu sirkuit offroad terbaik di tanah air. Bahkan sempat digelar Kerjurnas 4×4 Real Adventure yang diikuti oleh 22 tim off-roader dari seluruh Indonesia pada tahun 2011 lalu.
“Gunung Pinang merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani, masuk wilayah RPH Cilegon, BKPH Serang yang dijadikan daerah wana wisata,” kata Djamin, staf Humas Perhutani KPH Banten, akhir pekan lalu.
Jika bepergian dari Jakarta, masuk ke tol Jakarta-Merak menuju arah Serang. Keluar pintu tol Cilegon Barat. Kemudian ke arah Cilegon. Lokasi pintu masuk ke Gunung Pinang tepat di jalur utama lalu lintas Serang-Cilegon. Sekitar 5 kilometer dari pintu tol Serang Barat.






=========  AYOOOO  JELAJAH  INDONESIA  =========









No comments:

Post a Comment