Wednesday 22 February 2017

GOA BANTEN GIRANG

Alhamdulilah perjalanan kami sekeluarga hari ini, 19 Februari 2019 Banten Girang, tidak susah mencari tempat ini, melalui aplikasi waze, kami menemukan tempat ini, setelah melaksanakan sholat zuhur disini, kami tidak menuju museum dan tempat makam orang pertama yang masuk Islam di Banten, tetapi kami ke Goa.

Goa Banten Girang terletak di pinggir sungai Cibanten, Kampung Tirtalaya, desa saebulu, kecamatan serang, kota serang. Goa ini sudah ada sebelum masuknya Islam ke Banten. Menurut Guide yag mengantar kami ketempat ini, ada dua versi, versi yang pertama sebagai tempat untuk bertapa, versi yang kedua sebagai tempat tawanan.

Goa ini merupakan situs sejarah Banten, karena Banten Girang merupakan pusat pemerintahan kota yang di bagun orang – orang Sunda. Dari fakta itu, Banten Girang diidentikan dengan sunda pasundan. Akan tetapi dari fakta sejarah akan bisa diungkap jika identitas Banten Girang sebagai tempat penyebaran Agama Islam pertama.

Selanjutnya Guide kami membawa kami keliling kampung dan menjelaskan kalau ditempat ini sering dikunjungi orang – orang dari luar negri, kami diberi kesempatan untuk melihat di seputaran pohon jati tempat gundukan, dan banyak sekali kami temukan pecahan – pecahan tembikar dan keramik jaman dulu.









=====   AYOOOO   JELAJAH  INDONESIA =======

No comments:

Post a Comment