Tuesday 11 April 2017

CURUG CIHERANG JONGGOL

Jawa Barat memiliki keindahan alam yang menjadi modal besar untuk pariwisata. Kota Hujan ini memiliki banyak destinasi wisata alam terutama wisata alam pegunungan.
Bogor yang merupakan daerah di kaki Gunung Gede dan Salak ini memiliki "seribu" curug. Sehingga, tak heran ada yang menyebut kota ini juga sebagai "Kota Seribu Curug" atau surganya wisata curug. Salah satu curug indah tujuan wisata di Bogor yaitu Curug Ciherang yang ada di jonggol.
Curug Ciherang terletak Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Di Curug Ciherang, Anda bisa menikmati keindahan ketinggian dengan naik ke rumah pohon yang terletak di kawasan curug.
Perjalanan saya dan keluarga melalui Tol Jagorawi dan ke luar Citerup, waktu tempuh dari rumah ke lokasi parkiran 1.30 menit, Perlu berjalan menanjak untuk mencapai rumah pohon dari pintu masuk kawasan wisata Curug Ciherang. Perjalanan di jalan setapak tentu tak sedikit membutuhkan tenaga. Perlu tenaga ekstra untuk mencapai rumah pohon. Jalanan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dan aman untuk para pelancong. Jalanan ini merupakan trek yang sengaja dibuat menggunakan batu-batu dengan susunan rapi.
Rumah pohon dibangun di atas pohon besar. Pohon ini terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang cukup dalam. Sebuah bangunan kayu sengaja dibangun di atas pohon sebagai tempat singgah atau sekadar berfoto sebelum sampai di curug. Rumah pohon dihubungkan dengan sebuah jembatan.
Rumah pohon ini yang kemudian tenar di kalangan para pelancong ke Curug Ciherang. Terutama spot berselfie di jembatan, dengan latar belakang rumah pohon, dan tentu saja latar alami lembah di bagian bawah menjadi favorit wisatawan. Dan, deretan gunung menghijau di sekitarnya merupakan pemandangan yang indah.
Rumah pohon terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang. "Ciherang" adalah bahasa Sunda untuk air jernih. Curug Ciherang berarti air terjun (air) jernih. Anda perlu meneruskan perjalanan untuk sampai ke curug dari rumah pohon. Jalanan ke Curug Ciherang naik-turun. Keindahan dan suasana asri Curug Ciherang akan membayar rasa lelah Anda.
Kawasan wisata Curug Ciherang sangat asri dengan nuansa pegunungan. Kawasan wisata ini terletak di ketinggian kurang lebih 900 mdpl. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menempur perjalanan dari Jonggol. Dari Alun-alun Jonggol mengambil jalur kanan menuju Sukamakmur. Dari pertigaan Sukamakmur kemudian mengambil arah ke kiri mengikuti jalur hingga sampai di lokasi, dengan jarak kurang lebih 6 kilometer.
Curug Ciherang saat ini terus dikelola dan dipromosikan sebagai destinasi wisata alam andalan di Bogor. Jika Anda ingin menghabiskan waktu libur di Bogor, Curug Ciherang merupakan salah satu yang bisa menjadi tujuan perjalanan Anda.
Alhamdulilah kami bertemu dengan pengelola tempat ini, namanya pak Yudho, menurut beliau tempat ini belum selesai masih dilakukan pembangunan, beliau sudah menghabiskan biaya 4 M, seneng melihat cita – cita beliau,....ingin membahagiakan orang banyak.



 ======  AYOOOO  JELAJAH  INDONESIA =====





No comments:

Post a Comment