Friday 13 October 2017

JEMBATAN TAYAN

Beberapa kali ke Sintang melalui Pontianak jalan darat, belum sempat mampir ke Jembatan Tayan, Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke Tiga di Indonesia, setelah jembatan suramadu di Jawa Timur dan Jembatan Pasupati di Bandung, di resmikan pada tanggal 22 Maret 2016. Memang ada sedikit permasalah setelah diresmikan jembatan ini, masalahnya terkait pemberian nama jembatan. namanya Jembatan Kapuas Tayan atau dikenal dengan Jembatan Tayan. Diberi nama demikian karena jembatan ini membentang di atas Sungai Kapuas.
 "Kami warga Tayan sangat berterima kasih dengan peresmian jembatan ini. Jembatan ini merupakan mimpi panjang masyarakat Tayan. Namun pemberian nama jembatan sayangnya kurang mempertimbangkan masyarakat Tayan," kata Raja Tayan, Gusti Yusri, Saret 2016
Raja yang bergelar Pakunegara XIV ini menyatakan, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, seharusnya mempertimbangkan usulan nama yang diinginkan warga Tayan.
"Setidaknya ada tiga nama jembatan yang diusulkan oleh masyarakat Tayan, yaitu Permata, akronim dari Persaudaraan Masyarakat Tayan, Jembatan Pusaka Piasa Pulau Kawat dan ketiga, Gusti Lekar Ucik Periok, yang merupakan istri dari raja pertama Tayan," kata Gusti.
Istri Raja Tayan pertama merupakan suku Dayak. "Kalau kita berpikir historisnya, jadi jembatan ini mengakomodir dua suku dominan di Kalbar yakni Melayu dan Dayak," katanya. Secara geografis, jembatan ini juga menghubungkan antara dua wilayah dengan suku yang heterogen.
Gusti menambahkan, jembatan ini urat nadi yang menghubungkan seluruh Kalimantan melalui jalan lintas Kalimantan. Selain itu, Pemerintah harus segera menyusun tata ruang agar lingkungan tidak semrawut.
"Karena gejala-gejala sudah ada. Jika tata ruang kota Tayan sudah rampung, Tayan akan menjadi sentralnya," katanya. Potensi Tayan sendiri adalah keberadaan pabrik Alumina milik PT Antam. Selain itu, ada pula Keraton Tayan yang bangunannya masih relatif asli sejak jaman Jepang. Di depannya mengalir Sungai Kapuas yang merupakan alur nadi transportasi utama sejak jaman dulu.


===========AYOOO  JELAJAH  INDONESIA ============




No comments:

Post a Comment