Monday 23 January 2017

CURUG PUTRI KENCANA SENTUL

Akses menuju Curug Putri Kencana sangat mudah. Dengan kendaraan pribadi, melalui jalan tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, belok kiri, masuk ke jalan utama arah Jungle Land. Sebelum pintu gerbang Jungle Land belok kanan melalui jalan perkampungan sampai bertemu pertigaan. Belok kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo, sedangkan arah lurus menuju kawasan Gunung Pancar dengan hutan pinus dan air panasnya. Selanjutnya ikuti jalan sampai bertemu petunjuk Curug Putri Kencana di sebelah kanan jalan, kurang lebih setengah jam, tepatnya di desa Karang Tengah.
Dalam perjalanan menuju Curug Putri Kencana akan melewati jembatan kayu tua dan juga puncak lembah dengan pemandangan sawah yang terbentang. Tempat wajib untuk berfoto.
Perjalanan dengan mobil akan berakhir di area parkir Curug Putri Kencana. Dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati perkampungan, sawah, dan hutan.
Perjalanan tahap pertama ditempuh dalam waktu sekitar dua puluh menit. Curug Cikujang adalah curug pertama yang ditemui, setinggi empat meter dan alirannya bergabung dengan Sungai Sadon. Menyusuri tepian sungai, Leuwi Pariuk dan Leuwi Demang akan dilewati. Curug Putri Kencana dan Leuwi Cibaliung adalah akhir perjalanan tahap pertama. Berani pacu adrenalin? Silahkan melompat dari batu besar di Leuwi Cibaliung atau hanya sekedar bermain air di Curug Putri Kencana dan Leuwi Demang.
Lanjut perjalanan tahap kedua. Kurang lebih setengah jam berjalan santai, tetapi lebih berat dan menantang dari tahap pertama. Melewati perkebunan kopi, ladang terbuka, hutan bambu, dan tepian sungai, berujung di Curug Love. Nama aslinya Curug Meleduk, tetapi banyak pengunjung yang menamakannya Curug Love karena batu besar yang “menggantung” ditengah-tengah curug berbentuk seperti hati.
Karena berhulu di pegunungan yang tidak berpenghuni, air Sungai Sadon masih sangat bersih dan sejuk. Wajib untuk untuk berenang di leuwi-leuwi yang terbentuk di sungai ini. Batu-batu besar dan hutan disepanjang sungai juga menambah keindahannya. Sungai ini pasti jadi salah satu pilihan tempat mandi bidadari.
Jadi kalau kamu mau menyegarkan diri tetapi tidak punya banyak waktu, kawasan Curug Putri Kencana bisa jadi pilihan. Kapan terakhir berenang di sungai yang airnya masih bersih dan menyegarkan.